Rehat Kampanye, Puti Kunjungi Pelabuhan Teluk Lamong

Surabaya – Rehat dari kampanye, Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno pilih mengunjungi Bendungan Gerak Sembayat di Gresik dan Pelabuhan Teluk Lamong di Kota Surabaya.

“Saya rehat kampanye. Saya kunjungi infrastruktur yang memperkuat ekonomi Jawa Timur dan pelaksanaan Nawacita dari Presiden Jokowi,” kata Puti di Pelabuhan Teluk Lamong, Surabaya, Selasa (17/4/2018).

Puti Guntur didampingi Nursyirwan Sudjono, anggota Komisi 5 DPR RI, politisi senior PDI Perjuangan (PDIP). Ada juga Eddy Paripurna, Wakil Ketua Komisi Bidang Pembangunan DPRD Jawa Timur dan Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur.

Pelabuhan Telok Lamong dibangun di era Presiden SBY, dan diresmikan Presiden Jokowi, Mei 2015. Puti Guntur kagum dengan teknologi canggih yang digunakan, semi otomatis, dan minim tenaga manusia.

“Operatornya banyak tenaga perempuan terdidik. Direktur utama juga perempuan. Jadi bisa dibilang, pelabuhan ini memiliki keberpihakan gender,” kata Puti disambut tersenyum oleh Dothy, Direktur Utama PT. Terminal Teluk Lamong.

 

Pelabuhan Teluk Lamong dibangun di perbatasan Surabaya-Gresik. Sejak diresmikan Jokowi, pelabuhan yang didesain megah, modern dan futuristik ini terus dilakukan pengembangan.

“Pelabuhan Teluk Lamong menjadi bagian penting dari mega proyek Tol Laut yang digagas Presiden Jokowi. Proyek ini penting untuk jalur distribusi logistik, yang menghubungkan berbagai daerah secara terintegrasi,” kata Nursyirwan.

Dari Dothy, Puti mendapat penjelasan bahwa pengoperasian pelabuhan juga ditata ramah lingkungan, yakni memakai energi listrik dan gas. Juga melayani kapal-kapal besar hingga 5,5 juta TEUs.

Pelabuhan ini sebagai penunjang Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. “Pengoperasian Pelabuhan Teluk Lamong mengindikasikan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur yang sangat baik,” kata Puti

.

Selain itu, Puti Guntur juga mengunjungi Bendungan Gerak Sembayat di Desa Sidomukti, Kecamatan Bungah, Gresik. Ia menyaksikan bendungan megah yang dibangun di hilir Sungai Bengawan Solo.

Di Jawa Timur, ada beberapa jembatan gerak di hilir Bengawan Solo. Selain Sembayat, juga Bendungan Gerak Babat dan Bendungan Gerak Bojonegoro. Saat ini juga tengah digarap AMDAL Bendungan Gerak Karangnongko.

Bendungan selain untuk menanggulangi banjir, juga untuk bahan baku air bersih dan dimanfaatkan irigasi yang mengairi persawahan.

“Yang belum adalah mengembangkan destinasi wisata, terutama wisata air pada bendungan-bendungan itu. Semoga ke depan bisa dilakukan,” kata Puti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *