Vendor Smartphone Tiongkok Menjamur, Evercoss Pasang Strategi

Vendor smartphone asal Tiongkok kian agresif di berbagai negara, termasuk Indonesia. Evercoss sebagai salah satu merek lokal memiliki strategi sendiri agar tidak tenggelam dalam persaingan melawan kompetitor asal Tiongkok.

Head Marcom Evercoss, Suryadi Willim, mengungkapkan akan memilih jalur yang berbeda dengan vendor Tiongkok. Evercoss akan lebih fokus pada segmen smartphone di kisaran harga Rp 1,5 juta, berbeda dengan vendor Tiongkok yang lebih condong pada segmen harga Rp 3 jutaan.

“Kami fokus ke pasar yang kamu audah unggul, tidak ikut mereka yang agresif di pasar Rp 3 jutaan. Kami akan lebih fokus ke kisaran Rp 1,5 juta dan di bawahnya,” ungkap Suryadi saat ditemui di mall Kota Kasablanka, pada Jumat (6/4/2018).

Evercoss sendiri pada tahun lalu, mengklaim memiliki sekira lima persen pangsa pasar smartphone Indonesia. Suryadi berharap pada tahun ini akan terjadi pertumbuhan.

“Di Industri sendi, pasar smartphone 1,5 cukup besar sekira 20-30 persen. Dari total keseluruhan penjualan smartphone pada tahun lalu, kami punya 5 persen,” tuturnya.

Lebih lanjut, Evercoss pada tahun ini berencana merilis delapan varian smartphone. Sejauh ini, Evercoss baru merilis tiga varian smartphone, termasuk Xtreme 1 dan Xtreme 1PLUS. Peluncuran lima varian lain akan menyusul.

Salah satu smartphone yang akan dirilis, kata Suryadi, akan memiliki konsep desain notch atau “poni”. Desain ini tengah populer di kalangan vendor smartphone asal Tiongkok, mengikuti Apple yang lebih dahulu menghadirkannya melalui iPhone X.

“Kami ada rencana rilis yang pakai ‘poni’, dan harga jualnya kemungkinan di bawah Rp 1,5 juta,” pungkas Suryadi.

Seperti diwartakan sebelumnya, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bekerja sama dengan YouTube dan Evercoss meluncurkan smartphone 4G “Xtream” dengan sejumlah penawaran menarik. Salah satu keunggulan smartphone ini yaitu akses YouTube unlimited 24 jam setiap hari selama satu tahun.

Semakin meningkatnya kualitas layanan internet di Indonesia menjadi salah satu alasan kerja sama ini terjalin.

“XL Axiata berkomitmen untuk dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia agar bisa lebih banyak mengakses layanan video streaming dengan menyediakan perangkat smartphone 4G berkualitas dan harga terjangkau, disertai paket data untuk mengakses konten video streaming via YouTube,” tutur Chief Marketing Officer XL Axiata, David Arcelus Oses, dalam acara peluncuran kerja sama ini di Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Harga jual smartphone 4G Xtream yang terjangkau diharapkan dapat turut membantu meningkatkan penetrasi penggunaan smartphone di Indonesia. Smartphone ini hadir dalam dua varian yaitu Xtream 1 dan Xtream 1PLUS.

Konsumen bisa mendapatkan smartphone ini dengan harga Rp 649 ribu untuk Xtream 1, dan Rp 939 ribu untuk Xtream 1PLUS.

Produk entry level tersebut menargetkan pengguna awal smartphone, agar tetap bisa memiliki pengalaman penggunaan yang baik dengan harga terjangkau.

Lebih lanjut, selain akses tak terbatas aplikasi YouTube dan YouTube Go selama setahun, smartphone ini juga dibundel dengan kuota data 1GB selama 12 bulan, akses iFlix tanpa biaya berlangganan selama kurun waktu yang sama dan gratis layanan telepon dan SMS ke sesama nomor XL.

Semua layanan tersebut dapat dinikmati langsung, 24 jam selama satu tahun penuh sepanjang nomor prabayar XL-nya aktif.

Smartphone terbaru ini bisa dibeli di XL Center, serta toko-toko di seluruh Indonesia dan secara online. Spesifikasi smartphone 4G Xtream, antara lain RAM 1GB, memori internal 8GB, dan prosesor Quad Core 1,3 GHz.

Khusus untuk Xtream 1PLUS terdapat fitur dual kartu SIM 4G. Selain itu, juga fitur pemindai sidik jari, layar 5,5 inci full screen atau rasio aspek 18:9.

Head Marcomm Evercoss, Suryadi Willim, mengatakan Evercoss akan merilis dua varian produk seri Xtream terbaru lainnya guna memperkuat kerja sama ini. Ia menargetkan seri Xtream akan terjual 1,5 juta unit pada tahun ini.

“Setelah ini akan ada dua produk Xtream baru lagi. Target kami penjualannya bisa capai 1,5 juta unit tahun ini,” ungkap Suryadi.

Adapun untuk jarinan 4G LTE XL, saat ini sudah tersebar di lebih dari 360 kota/kabupaten di berbagai wilayah Tanah Air, termasuk area-area yang berada di kota-kota pedalaman.

Layanan 4G LTE juga ditopang lebih dari 17 ribu BTS. XL Axiata berkomitmen untuk terus memperluas jaringan 4G LTE miliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *